Tentang KH Syarif (2)
Ahlussunnah (3)
Artikel (5)
Beli Buku (5)
Beli DVD Ceramah (6)
Buletin Qum (142)
Cerpen (1)
Daftar Donatur (2)
English Course (2)
Entertainment (2)
Iklan (8)
Ilmu Hikmah (0)
Info Guru (23)
Info Banten (1)
Info Lowongan (0)
Info MA (13)
Info MTs (5)
Info Nasional (23)
Info Pesantren (30)
Info Sisiwa (14)
Info Tangsel (6)
Info TK (1)
Info TPA/Q (1)
Iptek (13)
kabar kampung (3)
Kajian Hadits (3)
Karya KH. Syarif (6)
Kitab Nadzoman (4)
Kolom Alumni (8)
Kolom Guru (0)
Kolom KAMAD (6)
Kolom OSIS (2)
Kolom Pengasuh (22)
Kreatifitas Siswa (0)
Madzahib (1)
Music (0)
Olahraga (1)
Pendidikan (13)
Politik (1)
Puisi (2)
Resensi Buku (1)
Sejarah (1)
Software (1)
Studi Aliran (6)
Studi Tokoh (6)
Study Naskah (9)
Tafsir (1)
Tahfidzul Qur'an (1)
Ulama Nusantara (5)
Ulum al Qur'an (1)





















• 24 Desember 2011
Libur Akhir Semester Ganjil 2011

• 23 Desember 2011
Pembagian Raport MTs & Ma

• 02 Desember 2011
UAS MTs , MA dan Pondok Pesantren

• 22 Agustus 2011
Libur 'Idul Fitri 1432 H


Beranda » Buletin Qum » DO’A NABI-NABI YANG DIAMALKAN NABI MUHAMMAD SAW

Senin, 22 April 2013 - 08:16:11 WIB
DO’A NABI-NABI YANG DIAMALKAN NABI MUHAMMAD SAW
Diposting oleh : M. Subhan Cms
Kategori: Buletin Qum - Dibaca: 1451 kali

 

Saat ini beredar banyak buku-buku dzikir dan do’a karangan manusia. Hampir setiap ketua Majelis Dzikir membuat buku sendiri atau mengedarkan buku dzikir karya nenek moyangnya sendiri yang tidak berasal dari Al Qur’an. Padahal Al Qur’an memuat banyak do’a baik yang pernah dibaca oleh para Nabi terdahulu atau lainnya. Tidak satu pun persoalan manusia selama hidupnya yang tidak disediakan do’anya oleh Allah. Mulai dari persoalan kehamilan, anak, rumah tangga, bisnis, sampai urusan Negara dan perjuangan telah tersedia dengan lengkap.  Tetapi sangat disayangkan, jarang terdengar ada satu Jama’ah atau Majelis Ta’lim yang mengumandangkan do’a-do’a tersebut. Padahal do’a-do’a dalam Al Qur’an merupakan do’a terbaik di seluruh dunia dan sepanjang zaman.

Di antara do’a para Nabi itu ada yang pernah diamalkan Rasulullah SAW atau para sahabatnya dan ada pula yang dianjurkan kepada ummat agar mengamalkannya. Sebagai misal di dalam Al Qur’an disebutkan do’a Nabi Sulaiman AS:

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمَانَ وَأَلْقَيْنَا عَلَى كُرْسِيِّهِ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ .قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ (ص:34-35)

Artinya: “Dan Sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat. Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi”. (Shaad: 34-35).

Do’a ini pernah dibaca oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana disebutkan dalam Hadis:

 مُحَمَّدٌ - وَهُوَ ابْنُ زِيَادٍ - قَالَ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ عِفْرِيتًا مِنَ الْجِنِّ جَعَلَ يَفْتِكُ عَلَىَّ الْبَارِحَةَ لِيَقْطَعَ عَلَىَّ الصَّلاَةَ وَإِنَّ اللَّهَ أَمْكَنَنِى مِنْهُ فَذَعَتُّهُ فَلَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ أَرْبِطَهُ إِلَى جَنْبِ سَارِيَةٍ مِنْ سَوَارِى الْمَسْجِدِ حَتَّى تُصْبِحُوا تَنْظُرُونَ إِلَيْهِ أَجْمَعُونَ - أَوْ كُلُّكُمْ - ثُمَّ ذَكَرْتُ قَوْلَ أَخِى سُلَيْمَانَ رَبِّ اغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لاَ يَنْبَغِى لأَحَدٍ مِنْ بَعْدِى. فَرَدَّهُ اللَّهُ خَاسِئًا ». (رواه البخاري ومسلم)

Artinya:  “Sesungguhnya tadi malam ada seorang Jin Ifrit menggangguku untuk merusak shalatku namun Allah memenangkan aku hingga aku menangkapnya. Semula aku hendak mengikatnya di antara tiang Masjid hingga pagi hingga kalian semua dapat melihatnya esok pagi. Kemudian aku teringat ucapan saudaraku Sulaiman "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku”. Maka Allah pun menolaknya dalam keadan hina” (HR Al Bukhari dan Muslim)

Tentang Nabi Yunus Al Qur’an menceritakan:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ(الانبياء:87)  

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim” (Al Anbiya: 87)

Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya:

عَنْ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ ». (رواه احمد والترمذي) 

Artinya: “Do’a Dzun Nun ketika ia berdo’a dalam perut ikan adalah tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". Sungguh tak seorang muslim pun berdo’a dengan do’a tersebut ketika mengharapkan sesuatu kecuali Allah pasti memperkenankannya” (HR Ahmad dan At Tirmidzi). 

Al Qur’an menceritakan tentang Rasulullah SAW dan sahabatnya:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ فَانْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ وَاتَّبَعُوا رِضْوَانَ اللَّهِ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَظِيمٍ (ال عمران:173-174) 

Artinya: “(yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", Maka Perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung". Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah, dan Allah mempunyai karunia yang besar” (Ali Imran: 173-174).

Ayat-ayat di atas membicarakan tentang peristiwa perang Badar Shughra (Badar kecil) yang terjadi setahun sesudah perang Uhud. Sewaktu meninggalkan perang Uhud itu, Abu Sufyan pemimpin orang Quraisy menantang Nabi dan sahabat-sahabat beliau bahwa dia bersedia bertemu kembali dengan kaum muslimin pada tahun berikutnya di Badar. Tetapi karena tahun itu (4 H) musim paceklik dan Abu Sufyan sendiri waktu itu merasa takut, maka dia beserta tentaranya tidak Jadi meneruskan perjalanan ke Badar, lalu Dia menyuruh Nu'aim Ibnu Mas'ud dan kawan-kawan pergi ke Madinah untuk menakut-nakuti kaum muslimin dengan menyebarkan kabar bohong, seperti yang disebut dalam ayat 173. Namun demikian Nabi beserta sahabat-sahabat tetap maju ke Badar. Oleh karena tidak terjadi perang, dan pada waktu itu di Badar kebetulan musim pasar, maka kaum muslimin melakukan perdagangan dan memperoleh laba yang besar. Keuntungan ini mereka bawa pulang ke Madinah seperti yang tersebut pada ayat 174.

Bacaan tersebut adalah merupakan bacaan Nabi Ibrahim AS sebagaimana disebutkan dalam Hadis yang bersumber dari Ibnu Abbas RA: 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ( حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ ) قَالَهَا إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ حِينَ أُلْقِىَ فِى النَّارِ ، وَقَالَهَا مُحَمَّدٌ - صلى الله عليه وسلم - حِينَ قَالُوا ( إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ ) . (رواه البخاري ومسلم) 

Artinya: Hasbunallah Wani’mal Wakil adalah bacaan yang diucapkan Ibrahim AS ketika dilemparkan ke dalam api. Dan kalimat itu diucapkan oleh Muhammad SAW ketika orang-orang Kafir mengatakan  "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka Perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung". (HR Al Bukhari dan Muslim).

Sekarang kita bertanya; apa kurangnya do’a-do’a dalam Al Qur’an? Lalu mengapa kita berpaling darinya lalu berpindah kepada do’a-do’a bikinan manusia biasa?. Hasbunallah. 

Syarif Rahmat RA 

Materi Buletin Jum'at Qum No. 614  tgl. 8 Jumadil Akhir 1434 H / 19 April 2013 M

 


 

 



15 Komentar :

obat Alami Sakit Pinggang Mujarab
29 Agustus 2014 - 14:32:46 WIB

terima kasih atas infonya
Baju kaos Online
30 Agustus 2014 - 11:02:36 WIB


selamat pagi gan
info yang menarik untuk di simak terimakasih
Sarung galon boneka kodok
08 September 2014 - 08:09:25 WIB

selamat pagi
info yang menambah wawasan
terimakasih
Your Lawyer Tacoma
17 September 2014 - 06:32:14 WIB

Makin cerdas dan edukatif.
About Alteril Reviews
17 September 2014 - 07:17:34 WIB

Berjumpa dengan website yang bagus dan OK.
Positive Revitol Reviews
18 September 2014 - 08:33:25 WIB

Bertemu dengan website bagus, http://goo.gl/EuEuKC * http://goo.gl/slozRZ OK sekali.
Zetaclear Reviews
18 September 2014 - 09:33:14 WIB

Apa yang disajikan sangat membantu kita, http://goo.gl/wcY3GK informatif.
Cloud Database Free
18 September 2014 - 16:23:02 WIB

Mendapat info bagus, silakan datang ke tempat kami.
Best Self Storage Oakland Park
20 September 2014 - 11:23:58 WIB

Sangat membantu informasinya, http://goo.gl/YR8wJw ditunggu updatenya.
Gynexol Reviews
24 September 2014 - 13:42:38 WIB

Mendapat info dari sumber yang bagus, Pasti sip !
Infusionsoft Reviews
25 September 2014 - 05:26:00 WIB

Alamat ini sangat tepat untuk dikunjungi.
Best Nursing Schools
26 September 2014 - 13:42:08 WIB

tempat yang tepat untuk mencari informasi akurat dan bermanfaat..
Maisto papildai lieknejimui
26 September 2014 - 17:10:28 WIB

I was curious if you ever thought of changing the page layout of your website? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or 2 pictures. Maybe you could space it out better?


Boilx
01 Oktober 2014 - 08:00:42 WIB

Berita yang semakin informatif dan aktual http://goo.gl/nQKX4H masa kini.
Consider Bathmate Reviews
02 Oktober 2014 - 19:34:10 WIB

Mencoba untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


Oktober, 2014
MSSR KJS
   1 234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 





873466

Pengunjung hari ini : 231
Total pengunjung : 212768

Hits hari ini : 946
Total Hits : 873466

Pengunjung Online: 3





Apakah Website Ummul Qura memberi manfaat informasi ?

Manfaat Sedikit
Manfaat banyak
Manfaat sedang
Tidak Memberi Manfaat

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan