Ahlussunnah (3)
Artikel (6)
Beli Buku (5)
Beli DVD Ceramah (6)
Buletin Qum (145)
Cerpen (1)
Daftar Donatur (2)
English Course (2)
Entertainment (2)
Iklan (8)
Ilmu Hikmah (0)
Info Guru (28)
Info Banten (1)
Info Lowongan (2)
Info MA (12)
Info MTs (7)
Info Nasional (21)
Info Pesantren (30)
Info Sisiwa (13)
Info Tangsel (6)
Info TK (1)
Info TPA/Q (1)
Iptek (13)
kabar kampung (3)
Kajian Hadits (3)
Karya KH. Syarif (6)
Kitab Nadzoman (4)
Kolom Alumni (8)
Kolom Guru (0)
Kolom KAMAD (7)
Kolom OSIS (2)
Kolom Pengasuh (22)
Kreatifitas Siswa (0)
Madzahib (1)
Music (0)
Olahraga (1)
Pendidikan (13)
Politik (1)
Puisi (2)
Resensi Buku (1)
Sejarah (1)
Software (1)
Studi Aliran (6)
Studi Tokoh (6)
Study Naskah (9)
Tafsir (1)
Tahfidzul Qur'an (1)
TULISAN MEDIA TENTANG KH SYARIF (2)
Ulama Nusantara (5)
Ulum al Qur'an (1)





















• 24 Desember 2011
Libur Akhir Semester Ganjil 2011

• 23 Desember 2011
Pembagian Raport MTs & Ma

• 02 Desember 2011
UAS MTs , MA dan Pondok Pesantren

• 22 Agustus 2011
Libur 'Idul Fitri 1432 H


Beranda » Buletin Qum » PERINGATAN HARI HARI BESAR ISLAM (PHBI)

Jumat, 17 Februari 2012 - 10:03:45 WIB
PERINGATAN HARI HARI BESAR ISLAM (PHBI)
Diposting oleh : Admin
Kategori: Buletin Qum - Dibaca: 705 kali

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَى بِآَيَاتِنَا أَنْ أَخْرِجْ قَوْمَكَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَذَكِّرْهُمْ بِأَيَّامِ اللَّهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ (ابراهيم:5)

Artinya:  “Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): "Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah". sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi Setiap orang penyabar dan banyak bersyukur” (Ibrahim:5).

 

Ayat ini menceritakan bahwa Nabi Musa AS diperintah untuk mengingatkan kaumnya kepada “Hari Hari Allah”. Yang dimaksud dengan Hari Hari Allah adalah berbagai peristiwa masa lalu yang patut dijadikan renungan oleh generasi sesudahnya. Dikemukakannya perintah ini kepada Nabi Muhammad SAW tentu saja sebagai isyarat  agar beliau pun memberitahukan kepada ummatnya akan hari hari tersebut. Dikaitkannya rangakian kalimat  “Mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya terang” dengan kalimat “ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah”, mengisyartkan betapa pentingnya mengingat peristiwa masa lalu dalam penanaman Akidan dan pembentukan akhlak manusia. Dan rangkaian kalimat “sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi Setiap orang penyabar dan banyak bersyukur” yang berada di akhir ayat mengisyaratkan dua hal. Pertama, dengan merenungkan peristiwa-peristiwa itu Rasulullah SAW sebagai pembawa kebenaran akan bertambah kuat kesabarannya dalam menyampaikan Dakwah. Kedua, ummat akan mudah menerima kebenaran dan berterimakasih kepada yang membawanya. Diakui oleh para juru Dakwah bahwa pengungkapan ceita masa lalu lebih mudah mempengaruhi jiwa manusia yang mendengarnya sehingga menjadi mudahlah  mereka untuk diarahkan kepada misi yang dibawanya.

 

Dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan Muslim disebutkan:

 

  عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رضى الله عنهما أَنَّ أَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوا يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَامَهُ وَالْمُسْلِمُونَ قَبْلَ أَنْ يُفْتَرَضَ رَمَضَانُ فَلَمَّا افْتُرِضَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ عَاشُورَاءَ يَوْمٌ مِنْ أَيَّامِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ ». (رواه مسلم)

 

Artinya: Abdullah bin Umar mengatakan bahwa kaum Jahiliyah biasa berpuasa pada hari Hari Asyura (10Muharram) dan Rasulullah SAW beserta kaum Muslimin pun mempuasainya sebelum difardukan puasa Ramadhan. Ketika puasa Ramadhan difardukan, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Asyura itu satu di antara Hari-Hari Allah. Siapa mau berpuasa silahkan, bagi yang tidak mau pun tidak mengapa”. (HR Muslim).

 

Bagian akhir ayat di atas mengisyaratkan disyari’atkannya melakukan tasyakkuran dalam rangka mengenang kemuliaan yang Allah berikan kepada kaum Muslimin dari generasi sebelum kita. Bagian akhir Hadis ini  jelas menyebutkan disyari’atkannya berpuasa dalam rangka mengenang Hari Hari Besar. Dengan kata lain orang yang beriman dianjurkan untuk senantiasa mengenang Hari hari Bersejarah di mana Allah menurunkan nikmatnya kepada mereka baik berupa pemberian anugerah ataupun dilepaskan dari kesusahan. Dalam mengenang hari hari tersebut tentu saja harus dengan hal hal yang bernilai ibadah atau kebajikan seperti – sebagaimana dicontohkan dalam Hadis – dengan berpuasa. Tentu saja ibadah puasa bukan satu-satunya cara. Dapat saja berupa pembacaan ayat-ayat Al Qur’an, pembacaan Sejarah berkaitan peristiwa yang diperingati, khitanan massal, mengadakan Tabligh Akbar atau semisalnya. Berekenaan dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Imam para Ahli Hadis  Al Hafizh Al Imam Ibnu Hajar Al Asqallani Rahimahullah berkata:

أصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن أحد من السلف الصالح من القرون الثلاثة، ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها، فمن تحرى في عملها المحاسن وتجنب ضدها كان بدعة حسنة، وإلا فلا. قال: وقد ظهر لي تخريجها على أصل ثابت، وهو ما ثبت في الصحيحين من أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسألهم؟ فقالوا: هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى، فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما مَنَّ به في يوم معين من إسداء نعمة أو دفع نقمة، ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة، والشكر لله يحصل بأنواع العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة، وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم،  

Artinya: Pada dasarnya peringatan Maulid Nabi itu Bid’ah tidak ada keterangan yang dinukil dari seorang pun Ulama Salafus Shalih dari tiga generasi pertama yang mengerjakannya. Namun demikian – meskipun ia Bid’ah – ia mengandung banyak kebaikan dan sebaliknya. Maka siapa yang berupaya mencari kebaikannya serta menghindari hal hal buruknya, maka peringatan itu menjadi bid’ah hasanah (Bid’ah yang baik). Jika tidak demikian, maka bukan bid’ah hasanah lagi. Telah Nampak padaku landasan pengambilan dalilnya dari dasar yang kuat yaitu sebuah Hadis dalam Ash Shahihain (Shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim) bahwasanya Nabi SAW ketika datang di Madinah  menyaksikan orang orang Yahudi berpuasa hari Asyura. Beliau bertanya kepada mereka: “Hari apakah yang kalian puasai ini?”. mereka menjawab: “Ini adalah hari di mana Allah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Musa, maka kami mempuasainya sebagai rasa syukur kepada Allah Ta’ala. Dari sini dapat diambil faidah (disyari’atkannya) memanjatkan syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan kepada seseorang pada hari tertentu baik berupa pemberian nikmat atau penolakan bencana. Dan yang demikian itu berulang pada setiap tahun pada hari yang sama. Bersyukur kepada Allah itu dapat diperoleh dengan aneka ibadah seperti bersujud, berpuasa, bersedekah atau membaca Al Qur’an. Nah, nikmat manakah yang lebih agung dari diutusnya Nabi Muhammad Nabiyur Rahmah (sang Nabi pembawa rahmat) pada hari itu? (Lihat Kitab Al Hawi Li Al Fatawi karya Al Hafizh Al Imam Jalaluddin As Suyuthi Juz 1 halaman 229).

Semoga Allah memberikan kesadaran, kemampuan dan kemauan kepada kita semua untuk senantiasa teringat, mengingat dan memperingati hari hari bersejarah sehingga semakin kuat Akidah kita dan semakin dalam kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, keluarganya dan sahabatnya serta seluruh kaum Muslimin di mana pun mereka berada. Hasbunallah.

 

Syarif Rahmat.



9 Komentar :

Abdullah
20 Februari 2012 - 08:50:32 WIB

Alhamdulillah.. Kenapa ya pak kiyai malu untuk menerapkan dalil ini untuk lebaran anak yatim (pada tulisannya yang lain).. Wallahua'alm..
said
28 Februari 2012 - 16:53:36 WIB

Mengapa dalil tentang bid'ah ada. dan mengapa ada larangan jika suatu amal akan tertolak jika tidak sesuai dgn yg NABI SAW contohkan?????????
mohon penjelasannya??????
Obat gangguan pernafasan
07 November 2013 - 11:50:48 WIB

Saya ucapkan terimakasih banyak atas informasi 2 yang telah anda sampaikan nya kepada kami,, kami akan selalu menyimak informasi informasi yang anda sampaikan.
Pengobtan amandel
07 November 2013 - 11:57:37 WIB

useful for the information that has been conveyed thanks a lot ya
Lowongan Kerja SMA
21 Desember 2013 - 23:49:10 WIB

Terima kasih atas informasinya

http://tinyurl.com/sepatuonline | http://tinyurl.com/caripekerjaan | http://tinyurl.com/hargatiketpesawat | http://tinyurl.com/tokokamera | http://tinyurl.com/jualsepatufutsal | http://tinyurl.com/sepatufutsalmurah | http://tinyurl.com/infoberitaterkini | http://tinyurl.com/lokerbekasi
| http://tinyurl.com/lokerkarawang | http://tinyurl.com/lokerbogor | http://tinyurl.com/lokersukabumi | http://tinyurl.com/lokerpurwakarta | http://tinyurl.com/lokeryogyakarta | http://tinyurl.com/lokermalang | http://tinyurl.com/lokerdepok | http://tinyurl.com/lokercikampek |
http://tinyurl.com/lokerbandung |
http://tinyurl.com/getdota2cheats | www.carikerja.co/2013/11/toko-kamera-murah-indonesia.html | www.jaxaza.com/2013/12/tiket-pesawat-murah.html

pakar kunci surabaya
15 Januari 2014 - 12:27:30 WIB

nice
Cara Meningkatkan Penjualan Online
21 Januari 2014 - 08:28:00 WIB

Propolis - http://x.dimurah.com/herbalmurah
Grosir Sprei - http://x.dimurah.com/grosironline
Toko Online - http://goo.gl/IvgTd
permainan naruto
04 Februari 2014 - 19:29:43 WIB

syukurlah sudah mengabarkan hal berita tersebut www.sctv-online.com www.jadwalmotogp.com
Permainan Baby Hazel
17 April 2014 - 11:42:34 WIB

www.permainan-salon.com www.kodeposjakarta.com www.resepmartabak.com

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


April, 2014
MSSR KJS
  12345
6789101112
13141516171819
20212223 242526
27282930   





818929

Pengunjung hari ini : 151
Total pengunjung : 197203

Hits hari ini : 721
Total Hits : 818929

Pengunjung Online: 5





Apakah Website Ummul Qura memberi manfaat informasi ?

Manfaat Sedikit
Manfaat banyak
Manfaat sedang
Tidak Memberi Manfaat

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan